Kambing Etawa Kaligesing analisis

By
Updated: December 7, 2014
galeri ternak

Peternakan kambing kaligesing yang berlokasi di dusun somoroto, desa tlogoguwo, kecamatan kaligesing kabupaten purworejo jawa tengah saat ini mulai membuka jaringan ke plasma peternakan kambing dengan sistem penggemukan, yang mana dari sisi perhitungan analisa bisnisnya akan lebih menguntungkan.

J

Disamping dapat lebih efisien biaya perawatan juga lebih efektif dalam perawatan kambingnya, yang mana kita tidak perlu terlalu ribet dalam perawatan seperti halnya peranakan. kita tidak perlu memikirkan siklus birahi kambing yang mana saat saat harus dikawinkan. Disini lebih cenderung ke pembesaran yang mana dalam hitungan 5 atau 6 bulan sudah memenuhi target dapat kita ambil lagi dengan keuntungan yang cukup signifikan.

Metode yng sudah kita jalankan dengan harga bakalan yang relatif murah dan sangat analisis, dengan harga perekornya Rp. 1.500.000,00 dalam hitungan  5 atau 6 bulan dapat mencapai harga jual minimal Rp. 2000.000,00 bisa dibilang rata rata hasil perekor Rp. 500.000,00 perekor

tidak beda jauh dengan sistem peranakan yang mana punya lebih banyak resiko dibandingkan dengan penggemukan.

adapun perbedaan tingkat resiko peranakan dengan penggemukan diantaranya sebagai berikut.

Ternak dengan sistem perankan memiliki beberapa resiko ataupun kelemahan yang mana sering dialami peternak pemula

  • siklus birahi sering kurang dipahami yang mana tingkah laku kambing sering tidak begitu kelihatan tanda tandanya dan sering kali peternak lalai dan menjadikan kambing telat kawin dan berresiko menyebabkan kemajiran
  • Perawatan cempe saat kelahiran pada umumnya kurang intensif, sehingga angka kematian cempe sangat tinggi. ada perbedaan perawatan cempe kambing kaligesing dengan kambing jawa randu ataupun domba, cempe kambing kaligesing saat lahir, belum bisa langsung menyusu pada induknya dan masih harus dibantu peternak supaya sampai bener bener bisa menyusus sendiri ke induknya.
  • Resiko mastitis ( pembengkakan kelenjar saraf kecil ) pada susu kambing ini juga sering dialami oleh peternak pemula, yang mana disebabkan kurangnya kebersihan kandang dan kebersihan kambing tersebut.

Beberapa poin diatas sebagian kecil dari resiko peranakan yang mana itu akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan beternak. Dengan sistem penggemukan akan sangat banyak mengurangi resikonya. adapun beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam sistem penggemukan diantaranya.

  • Pakan kambing yang cukup sangat penting juga untuk pertumbuhan kambing
  • Nutrisi yang berkadar protein tinggi juga sangat dibutuhkan sebagai contoh, kedelai BS, ampas tahu, jagung manis bisa kita gunakan untuk memacu kegemukan dan pertumbuhan tulang.
  • Kebersihan bulu dan kandang juga harus diutamakan dengan harapan, pada saat kontrak atupun jadwal pengambilan ternak, akan menarik dan tentunya kesehatan juga terjamin.
  • Pemilihan bibit, juga sangat menentukan , jangan sampai kita ambil bibit kambing yang sudah terlalu usia dalam bahasa jawanya (kecentet), kita harus bener bner tepat memilih bibit yang calon postur bis maksimal sehingga dengan waktu yang tidak terlalu lama kita sudah bisa mencapai titik hasil yang memuaskan.

Beberapa poin diatas kita rangkum berdasarkan pengalaman dan realita dilapangan yang mana kita bisa membantu untuk mencari solusi beternak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>